Jumat, 05 Juni 2020

Daftar Perlengkapan Bayi yang Dibutuhkan Saat Bayi Mulai MPASI


Bayi yang berkembang dengan baik tentu merupakan salah satu hal yang membahagiakan bagi orang tua. Salah satu hal yang menentukan perkembangan bayi adalah pemenuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Kebutuhan nutrisi bayi saat sebelum 6 bulan dengan bayi yang berusia lebih dari 6 bulan tentu saja berbeda. Bayi yang berusia kurang dari 6 bulan membutuhkan ASI eksklusif sebagai sumber nutrisi. Akan tetapi, bayi yang berusia lebih dari 6 bulan membutuhkan makanan padat pendamping ASI atau MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Pemberian MPASI pada bayi harus dilakukan dengan tepat.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian MPASI bayi seperti jenis nutrisi yang diberikan serta waktu pemberian MPASI. Makanan yang akan digunakan sebagai MPASI harus memuat beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein hewani dan nabati serta sayuran. Sementara itu, waktu pemberian MPASI juga harus dilakukan dengan tepat. Ibu bisa memberikan makanan yang mengandung karbohidrat pada pagi dan sore hari. Sementara itu, saat siang hari, ibu bisa memberikan buah-buahan sebagai selingan.

Selain jenis makanan dan waktu pemberian MPASI, bayi juga membutuhkan beberapa perlengkapan saat mulai memasuki tahap MPASI. Ada beberapa alat-alat yang masuk dalam daftar perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi yang paling penting saat masuk tahap MPASI adalah perlengkapan makan. Untuk menjaga kesehatan bayi, ibu harus memilih perlengkapan bayi yang aman bagi bayi. Salah satu kriterianya adalah Bisphenol A (BPA) Free. Senyawa kimia ini biasanya ada pada barang-barang plastik dan dapat mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, pilihlah alat makan bayi yang terbebas dari senyawa BPA. Ibu juga bisa memberikan alat makan bayi yang mempunyai kualitas food grade sehingga akan aman saat dikonsumsi oleh bayi. Beberapa alat makan bayi yang umumnya digunakan adalah sendok, garpu, mangkok, serta piring kecil.

Saat makan, bayi yang sedang dalam tahap MPASI akan makan dengan berantakan. Beberapa bagian makanan mungkin akan tumpah dan mengenai bajunya. Untuk mencegah baju bayi agar tidak terkena percikan makanan dan makanan yang tumpah, maka ibu bisa memberikan celemek bayi. Beberapa bahan yang biasanya digunakan adalah kain dan silikon. Pilihlah bahan celemek yang membuat bayi merasa nyaman. Selain itu, sesuaikan ukuran celemek dengan ukuran tubuh bayi. Dengan menggunakan celemek bayi, maka baju bayi bisa aman dari percikan atau tumpahan makanan.

Kursi makan bayi atau high chair juga menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan saat akan mulai MPASI. Bayi yang duduk pada kursi makan akan belajar bagaimana posisi dan makan yang benar. Sehingga, lama kelamaan mereka akan terbiasa untuk duduk di kursi saat makan. Selain itu, dengan duduk di kursi makan, sistem pencernaan bayi akan bekerja lebih baik sehingga bayi akan lebih mudah saat menelan makanan.

Untuk membuat MPASI yang memenuhi standar gizi, ibu perlu menyiapkan MPASI yang lunak dan mudah dikonsumsi. Ibu dapat membuat MPAS yang lunak dengan menggunakan food processor atau blender. Alat ini akan membantu ibu untuk menghaluskan makanan yang bertekstur kasar dan keras seperti kacang, kentang, daging, dll. Sehingga, bayi akan dapat makan makanan yang bergizi dengan tekstur yang lebih lunak dan mudah dikonsumsi.

0 komentar:

Posting Komentar