Minggu, 03 Mei 2020

Agar Tak Panik, Yuk Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Kelahiran Anak Pertama


Menanti kelahiran buah hati tercinta pasti jadi masa yang paling mendebarkan. Perasaan excited dan cemas yang bercampur jadi satu pasti jadi hal yang memenuhi dada para calon orang tua, terlebih jika ini adalah kelahiran yang pertama. Demi proses persalinan yang lancar, bekali dulu pengetahuan tentang persiapan ibu melahirkan anak pertama apa aja yang perlu dilakukan. Simak info selengkapnya di sini ya!


1.       Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Rumah sakit dan dokter sebaiknya dipersiapkan sejak awal masa kehamilan. Dokter kandungan biasanya menentukan pemilihan rumah sakit bersalin, karena kamu akan mengikuti di mana saja dokter tersebut membuka praktik. Saat memilih rumah sakit, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Misalnya saja besaran biaya persalinan di rumah sakit tersebut hingga fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Jika berencana melahirkan menggunakan klaim BPJS Kesehatan, maka sangat penting mencari rumah sakit yang melayani jaminan kesehatan yang satu ini. Pastikan juga untuk membayar iuran BPJS Kesehatan rutin setiap bulannya agar tidak terkendala masalah administrasi saat hari persalinan tiba.

2.       Persiapkan Perlengkapan Ibu dan Si Kecil

Beberapa bulan sebelum HPL atau hari perkiraan lahir, sebaiknya kamu dan pasangan sudah mempersiapkan segala perlengkapan untuk si kecil yang baru lahir dan ibu menyusui. Selain menatanya dalam lemari, sisihkan juga sebagian dalam sebuah tas yang nantinya akan dibawa saat persalinan. Jadi, ketika persalinan lebih cepat daripada HPL,  tinggal membawa tas tersebut ke rumah sakit.

3.       Informasi Tentang ASI

Calon ibu sebaiknya sudah dibekali dengan pengetahuan tentang ASI sejak dini. Kamu bisa mencari berbagai informasi yang ada di internet atau berkonsultasi dengan dokter anak. Setidaknya, kamu paham tentang inisiasi menyusui dini, bagaimana jika ASI ternyata belum lancar, cara memompa ASI, hingga cara menyimpan ASI perahan. Jangan lupa cari informasi gizi yang diperlukan untuk ibu menyusui agar produksi air susu melimpah.

4.       Pengetahuan Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir

Menanti kelahiran anak pertama pastinya juga harus diimbangi dengan pengetahuan merawat bayi yang baru lahir dong. Setidaknya, ada beberapa hal yang wajib dipahami calon orang tua, mulai dari merawat tali pusar, cara memandikan bayi, membersihkan kotorannya, menyendawakan bayi, hingga menggunting kuku. Tidak hanya ibu saja, ayah pun harus mengetahui hal ini supaya bisa merawat bayi bersama-sama.

5.       Suami Siaga

Suami siaga sangat penting selama proses menanti kelahiran buah hati. Menjelang HPL, suami harus siap jika sewaktu-waktu istri mengalami kontraksi. Kehadiran suami juga bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi sang istri. Mulai dari membantu mengatasi kecemasannya, hingga meringankan kontraksi dengan cara mengusap punggung atau mengompresnya menggunakan handuk hangat.

Itu tadi beberapa hal yang wajib diperhatikan bagi para calon orang tua yang sedang menantikan kelahiran buah hati pertamanya. Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat 😊

0 komentar:

Posting Komentar