Senin, 17 Februari 2020

Tips Supaya Mata Anak Tetap Sehat Ketika Bermain Gadget


Anak zaman sekarng tidak lepas dengan gadget, dan terkadang orangtua menunjukkan tanpa ada pengawasan yang lebih terhadap bawah umur mereka. Akibat dari gadget mereka sanggup kecanduan memainkan gadget tersebut dan bila tidak ada pengawasan terhapad orangtua ke anaknya maka bisa-bisa hal yang tidak ningin terjadi maka akan sanggup terjadi.

Oleh alasannya itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh, disarankan semoga bawah umur sanggup meningkatkan acara di luar rumah semoga mata sanggup beristirahat (tidak berakomodasi secara terus menerus).

Lalu, bagaimana hukum bergadget semoga mata anak tetap sehat? Berikut kiatnya:

1. Penggunaan gadget pada anak sebaiknya dibatasi maksimal 2 jam sehari, termasuk bermain game, menonton teve, menatap layar komputer/laptop/handphone.

2. Penggunaan gadget sebaiknya tidak dilakukan dalam satu waktu. Maksudnya, setiap 30 menit menatap layar sebaiknya diselingi dulu dengan acara melihat jauh (lebih dari 6 m). Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.Bisa juga diterapkan hukum 20-20, yaitu 20 menit menatap layar gadget, 20 detik beristirahat (melihat objek jauh dengan jarak lebih dari 6 meter).

3. Jarak pandang mata ke gadget juga harus diperhatikan. Jarak yang baik antara mata dengan gadget adalah sekitar 30-40 cm. Usahakan juga semoga posisi gadget lebih rendah dari posisi mata, yaitu membentuk sudut sekitar 15˚.

4. Hindari membiasakan bermain gadget sambil tiduran. Apabila sedang menonton teve usahakan semoga anak tidak terlalu akrab dengan layar teve.

5. Jarak yang baik untuk menonton televisi yaitu sekitar 4-5x diagonal teve.
6. Pencahayaan gadget sebaiknya tidak terlalu terang. Pasalnya, pencahayaan yang terlalu terperinci sanggup mempercepat timbulnya mata lelah.

7. Pencahayaan ruangan juga harus diatur sedemikian rupa semoga tidak terlalu kontras dengan pencahayaan dari gadget. Ruangan yang terlalu redup akan mengakibatkan kontras yang berlebihan sehingga akan menciptakan mata menjadi tidak nyaman.

8. Pada ketika anak sedang berkonsentrasi menggunakan gadget, refleks berkedip akan berkurang. Hal ini mengakibatkan mata menjadi kering. Oleh alasannya itu, ingatkan anak semoga berkedip secara teratur ketika sedang menggunakan gadget.

9. Tak kalah penting, hindari membaca sambil tiduran, hindari membaca di daerah gelap, istirahat yang cukup dan rajin mengonsumsi sayur dan buah alasannya baik untuk kesehatan mata

0 komentar:

Posting Komentar