Senin, 24 Februari 2020

Cara Orang Renta Menjaga Anak Remajanya Ketika Memakai Media Sosial



Instagram meluncurkan Panduan Instagram untuk Orangtua dalam Bahasa Indonesia. Panduan ini bertujuan untuk mengajarkan orangtua cara-cara mengontrol penggunaan media umum pada anak. 

Panduan ini juga didesain secara khusus dan dengan gampang dipahami. Berikut beberapa tips buat orangtua untuk memastikan keamanan anak sampaumur mereka di Instagram.

1. Pahami alasan anak memakai Instagram
Pertama-tama, pelarangan memakai media umum di periode digital ini mungkin merupakan keputusan yang kurang bijaksana. Pasalnya, lewat media sosial, anak juga dapat menjadi lebih kreatif dan bahkan mengeksplor potensi diri mereka. Namun, Sahabat Fimela juga harus memahami alasan anak memakai Instagram terlebih dahulu. Biasanya, sampaumur memakai media umum untuk terhubung dengan teman dan komunitas, membagi momen, dan merayakan insiden penting. 

2. Dorong sampaumur menjadi dirinya sendiri
Selain itu, dorong anak untuk menjadi dirinya sendiri dengan banyak sekali cara. Seperti ajak anak untuk memilih apakah akan menciptakan akun mereka bersifat publik atau privat. Anak sampaumur akan cenderung tampil sebagai diri mereka sendiri ketika mereka sadar mempunyai kendali atas privasinya. Selain itu, ajari mereka untuk menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau ketika mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tertentu.

3. Kendalikan interaksi anak di Instagram
Ajari juga bagaimana cara anakmu mempunyai kendali atas siapa saja yang dapat mengomentari postingan mereka dengan memakai fitur Kontrol Komentar. Juga, fitur Blokir dapat dipakai untuk memblokir akun tertentu biar komentar dari akun tersebut tidak akan muncul kembali. 

4. Ajak anak memakai waktunya dengan bijak
Social media could be addictive. Ajak anak untuk memakai media umum dengan bijak. Pantau berapa usang anakmu menghabiskan waktu untuk bermain Instagram. Kamu dapat menyelidiki usang waktu penggunaan Instagram lewat Dasbor 'Aktivitas Anda' yang ada di bab Pengaturan Instagram. 

Kamu bisa menetapkan batas waktu tertentu bagi anak untuk mengakses Instagram dalam sehari dengan mengaktifkan ‘Setel Pengingat Harian’. Selain itu, mereka juga dapat menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode waktu tertentu melalui fitur ‘Jeda Notifikasi’.


0 komentar:

Posting Komentar