Kamis, 30 Januari 2020

Panduan Memilih Sepatu Safety Proyek yang Tepat


Bagi sebagian besar pekerja dengan lingkungan kerja tertentu, perlengkapan safety harus digunakan untuk menjamin keselamatannya. Misalnya saja, Anda bekerja dibidang konstruksi, maka berbagai safety proyek konstruksi yang harus dipakai diantaranya helm safety proyek, baju safety proyek, dan sepatu safety proyek.

Nah, bicara soal sepatu safety proyek, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan merek dengan spesifikasi tertentu. Sepatu safety ini memiliki manfaat melindungi kaki Anda dari medan pekerjaan yang berisiko atau tempat yang terjal. Dengan demikian, kecelakaan saat bekerja dapat dihindari. Pemakaian sepatu safety ini juga mendukung kinerja supaya lebih aman dan nyaman. Masalahnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara memilih sepatu safety proyek yang tepat. Biar tidak bingung, berikut ini kami berikan tipsnya untuk Anda.



Perhatikan Bahan yang Digunakan

Salah satu tips memilih sepatu safety proyek yang harus Anda perhatikan adalah bahannya. Ya, karena fungsi sepatu ini melindungi kaki dari hal-hal berbahaya, usahakan pilih yang memiliki bahan tidak tipis dan tahan terhadap gesekan dengan benda luar seperti batu, besi, dan lain-lain.

Perhatikan Ukuran Sepatunya

Panduan memilih sepatu safety proyek lainnya adalah perhatikan ukuran tingginya. Setidaknya, pilihlah sepatu dengan tinggi hingga mata kaki. Pertimbangkan pula aspek kenyamannya. Sebab, apabila sepatu safety nyaman dipakai dan tidak panas, pengguna bisa lebih produktif saat bekerja. Begitupula sebaliknya. Percuma saja jika sepatu safety super ketat dan tinggi jika tidak nyaman digunakan, maka akan memengaruhi produktivitas kerja.

Hal-hal yang Perlu Dihindari

Selain dua poin di atas, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat memilih sepatu safety proyek yaitu janganlah menentukan sepatu dengan bahan yang sangat keras. Sebab, jenis sepatu tersebut hanya akan membuat kaki Anda lecet. Kedua, untuk pemakaian sepatu safety di daerah lembab, sebaiknya pilihlah dari bahan karet atau plastik biar tidak mudah terpeleset. Terakhir, jangan terlalu peduli terhadap merek, jenis, dan harganya! Carilah sepatu safety yang nyaman dipakai dan spesifikasi sesuai dengan lingkungan kerja Anda.
Penggunaan sepatu safety ini bukanlah sekedar anjuran belaka. Pasalnya, perusahaan yang bekerja dibawah OSHAS akan dikenai sanksi apabila pegawainya tidak menggunakan safety shoes saat bekerja. OSHAS itu sendiri adalah sebuah standar yang diikuti oleh sejumlah perusahaan untuk menjaga keselamatan para pekerjanya. Nah, apakah perusahaan tempat Anda bekerja berada dibawah OSHAS? Terlepas dari sanksi perusahaan, sebenarnya pemakaian sepatu safety proyek memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Selengkapnya, simak terus ulasannya berikut ini!

Sepatu Safety Membantu Kaki Tetap Kering Saat Beraktivitas

Kondisi kaki yang paling nyaman saat beraktivitas adalah kering atau tidak lembab. Apalagi ketika lingkungan kerja Anda memang perlu perhatian safety khusus berupa sepatu. Perlu diketahui, sepatu safety dengan bahan dasar kulit ini menjadi pilihan unggul dan disukai karena daya tahan dan daya serapnya terhadap air yang bagus. Jadi, bila ingin saat bekerja dengan kondisi kaki kering, pilihlah sepatu dengan bahan dari kulit ya!

Lapisan Logam pada Sepatu Safety untuk Melindungi Kaki dari Suhu Ekstrim

Sepatu safety yang bagus adalah yang terdapat logam pada bagian ujungnya. Alasannya, jenis sepatu ini sempurna digunakan pada bidang industri dari bahaya mesin, tergelincir, tertimpa benda berat, hingga melindungi kaki dari luka lebam bahkan tusukan. Manfaat lain dari adanya lapisan logam pada ujung sepatu safety proyek ini adalah menjaga kaki dari suhu yang ekstrem. Misalnya saja, lingkungan tempat Anda bekerja banyak terdapat cairan-cairan panas dan berbahaya.

Nah, dengan adanya sepatu safety akan melindungi kaki dari cairan panas atau zat yang membekukan kaki. Sepatu ini juga melindungi kaki Anda dari sengatan listrik dan menjaga kehangatan kaki biar tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Beberapa jenis sepatu safety yang bisa Anda pilih diantaranya Jogger Sepatu Safety Dakar seharga Rp815.000, OSHA Wellington Boot Polyurerthane Outsoles seharga Rp586.850, OSHA Berkeley Slip-On Nitrile Rubber Outsoles seharga Rp522.720, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah memiliki sepatu safety proyek yang cocok untuk kebutuhan kerja Anda? Yuk beli kunjungi Harga Sepatu Safety di Bhinneka.com!

0 komentar:

Posting Komentar