Senin, 16 Desember 2019

Cara Diet Salah, Membahayakan Tubuh

Setiap orang menginginkan tubuh yang langsing. Baik itu karena sadar akan kesehatan maupun untuk keindahan tubuh. Berbagai macam cara  diet dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang langsing sehingga banyak produk maupun jasa berlomba menawarkan cara langsing secara cepat.



Karena keinginan langsing cepat semakin bertambah mengakibatkan orang melakukan kesalahan fatal dalam diet. Cara diet yang salah bukan hanya tidak efektif namun juga membahayakan tubuh dan mengganggu kinerja organ yang lainnya.

Kesalahan-kesalahan fatal dalam cara diet tersebut adalah :

1. Ingin Hasil yang Cepat
Menentukan target dalam berdiet bukanlah hal yang salah namun target yang tidak masuk akal akan membuat frustasi dan akhirnya mengambil jalan pintas seperti mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang belum tentu khasiatnya. Melakukan diet sebenarnya adalah mengatur pola makan dan mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi  dengan cara membakar lemak tubuh. Pembakaran lemak perlu waktu, karena saat gemukpun perlu waktu. Tidak ada yang tiba-tiba menjadi gemuk dalam semalam. Hal itu dikarenakan pola makan sehari-hari yang salah sehingga lama kelamaan menjadi gemuk.

2. Tidak Makan atau Menghilangkan Jadwal Makan
Banyak orang berpikir apabila berdiet dengan cara mengurangi makan atau bahkan tidak makan sama sekali akan mempercep efek diet. Namun hal ini sama sekali tidak benar, yang terjadi adalah tubuh merasa kelaparan hingga saat makan selanjutnya tiba, tubuh akan mengkonsumsi lebih banyak dari porsi biasanya karena merasa bahwa di jam sebelumnya tubuh tidak memperoleh asupan makanan, akibatnya merasakan kelaparan sehingga harus makan 2 porsi sekaligus karena jatah makan berkurang. Selain itu menghilangkan salah satu jadwal makan misalnya makan pagi, akan mengakibatkan metabolisme tubuh melambat dan tubuh akibatnya akan menyimpan cadangan energi

3. Tergiur Tawaran Produk Pelangsing Tanpa Olahraga
Karena kebutuhan untuk langsing semakin banyak sehingga banyak pula produk-produk yang menawarkan pelangsinga secara instan tanpa olahraga. Sesungguhnya obesitas atau kegemukan itu terjadi sebab asupan makanan tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan sehingga terjadi penumpukan energi makanan tersebut menjadi lemak dalam tubuh. Obat-obat pelangsing tersebut belum diuji kebenarannya dan banyak yang menimbulkan efek samping.
Kesalahan-kesalahan diet diatasa akan menyebabkan diet gagal sekaligus membahayakan tubuh. Resiko yang akan terjadi apabila melakukan kesalahan tersebut adalah:

a. Brain Diet
Karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan cara diet yang salah, otak bisa mengalami Brain Diet. Tanda-tanda otak mengalami brain diet adalah:

Sering Lupa
Linglung
Komunikasi tidak nyambung atau tidak terkoneksi
Tidak bisa berpikir dengan baik

Hal ini akan dialami apabila asupan nutrisi dan oksigen kurang sehingga kinerja otak menjadi menurun.
b. Gagal Ginjal dan Gagal Hati

Obat-obat pelangsing yang diklaim mampu menurunkan berat ternyata memiliki efek berbahaya bagi tubuh yaitu gagal ginjal atau gagal hati. Hal ini karena obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jangka panjang dan bersifat kimiawi sehingga mempengaruhi darah serta membuat kerja ginjal dan hati menjadi lebih berat akibatnya bisa terjadi gagal ginjal ataupun gagal hati.

c. Penyakit Psikologi
Tuntutan untuk menjadi langsing juga bisa mempengaruhi baik fisik maupun mental seseorang. Dan apabila dibiarkan akan menjadi penyimpangan pola makan contohnya : bulimia dan anoreksia

Dari sini dapat disimpulkan menjadi langsing dengan cara diet yang tepat akan memberikan hasil yang tepat pula. Namun apabila cara diet salah akan membahayakan tubuh. Bukankah lebih menyenangkan apabila melakukan diet sehat sekaligus menjadi langsing.

0 komentar:

Posting Komentar