Jumat, 20 September 2019

Cara Perawatan Luka di Rumah


Setiap orang pasti pernah memiliki luka, hanya saja perbedaannya ada yang luka ringan dan juga ada yang lukanya parah sehingga perlu penanganan dokter langsung. Jika anda memiliki luka ringan seperti tersayat pisau atau benda tajam yang lainnya mungkin anda sendiri masih bisa merawatnya di rumah hanya saja perlu dilakukan dengan baik sebab jika tidak meski hanya termasuk luka ringan bisa jadi membesar bahkan parah jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik. luka akibat sayatan benda tajam biasanya terasa lebih sakit dan perih apalagi jika terkena bagian tubuh yang sering ditekuk seperti bagian lutut, sikut, dan yang lainnya oleh karena itu segera lakukan cara agar luka cepat kering.



Melakukan perawatan di rumah tentunya sangat efektif selain lebih murah juga lebih hemat anda tidak perlu bolak-balik ke tenaga medis untuk merawatnya, berikut ini cara melakukan perawatan luka agar mudah kering yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Bersihkan luka
Pertama saat anda luka bersihkan terlebih dahulu luka tersebut, pastikan jika tangan anda sudah bersih jika memang luka tersebut masih mengeluarkan darah anda bisa menahannya dengan kain bersih namun tidak perlu ditekan. Selanjutnya bersihkan luka dengan air bersih yang mengalir boleh menggunakan sabun di sekitar area luka namun jangan pada bagian lukanya sebab bisa menimbulkan infeksi.

2. Pemberian obat merah
Selanjutnya anda bisa meneteskan obat merah pada bagian luka guna mengobati luka tersebut dan balut dengan menggunakan perban agar untuk menghindari debu yang menempel pada luka tersebut selain itu gunanya perban agar luka tetap lembab sebab jika luka ingin cepat kering maka luka tersebut harus dibuat lembab.

3. Mengganti perban
Jangan biarkan perban yang anda pakai terus menerus menggantinya karena karena debu yang menempel bisa saja menyerap pada luka tersebut. oleh karena itu anda harus menggantinya setiap 2-3 kali sehari.
Itulah cara merawat luka di rumah, jika ingin tahu info kesehatan selanjutnya anda bisa mengklik https://www.goapotik.com/produk/rhinos-neo-10-ml-drop-1 agar kesehatan anda dan keluarga anda bisa terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar