Selasa, 23 Juli 2019

Makanan Ibu Menyusui Wajib Mengandung 8 Zat Gizi Ini


Mungkin selama hamil, Anda mengurangi konsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memberikan resiko buruk pada janin seperti buah durian, nanas, kopi, makanan pedas, dan lain-lain. Bukan berarti Anda juga bebas mengkonsumsi aneka makanan yang tidak direkomendasikan saat masa kehamilan lho! Makanan ibu menyusui tetap harus diperhatikan agar kebutuhan nutrisi bayi tercukupi.



Ada baiknya Anda ketahui zat gizi yang dibutuhkan selama periode menyusui eksklusif hingga anak berusia 2 tahun berikut ini.

1.                  Protein
Jenis makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui antara lain daging, ayam, ikan, telur, keju, susu, dan sumber protein yang lain. Protein dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi pada masa awal kehidupannya. Selain itu, ibu yang baru saja melahirkan juga butuh asupan protein yang cukup untuk membantu memulihkan tubuh pasca persalinan.

2.                  Lemak
Lemak dibutuhkan ibu menyusui untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Konsumsi jenis lemak tak jenuh seperti buah alpukat, ikan salmon, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak kanola. Anda juga bisa mengkonsumsi ikan yang mengandung turunan lemak omega 3 yang bisa mendukung kecerdasan otak bayi. Jenis ikan yang bisa Anda pilih selain ikan salmon adalah ikan tuna, ikan herring dan ikan sarden.

3.                  Zat besi
Saat hamil, kebutuhan zat besi harus terpenuhi agar ibu hamil tidak mudah lelah, lemas atau lesu. Ternyata makanan ibu menyusui tetap harus mengandung zat besi tinggi untuk mencegah masalah anemia pasca melahirkan. Zat besi bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayuran hijau, daging, ayam, ikan, kuning telur, dan seafood.


4.                  Kalsium
Kegunaan kalsium untuk ibu hamil dan menyusui adalah mencegah terjadinya penurunan massa tulang.  Kebutuhan kalsium pada masa hamil dan menyusui memang lebih tinggi yang bisa Anda dapatkan dari produk keju, yoghurt, susu dan sayuran hijau macam bayam, kale, sawi hijau, dan brokoli. Hanya saja Anda harus mengkonsumsi brokoli dalam jumlah wajar saja sebab brokoli mengandung gas yang cukup tinggi.

5.                  Vitamin C
Konsumsi makanan ibu menyusui yang mengandung vitamin C antara lain buah jeruk, kentang, tomat, kiwi, jambu biji, mangga, dan lain-lain. Vitamin C sangat dibutuhkan membantu pertumbuhan tulang, gigi dan kolagen untuk sang buah hati.

6.                  Vitamin E
Selain vitamin C, ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Vitamin E dibutuhkan untuk mencegah masalah anemia setelah persalinan. Selain itu, vitamin E mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan ibu termasuk sang buah hati.

Mengkonsumsi makanan kaya vitamin E seperti kacang almond, asparagus, mangga, alpukat, dan kacang bisa membantu mengoptimalkan kesehatan mata dan paru-paru bayi Anda.

7.                  Kalium
Makanan ibu menyusui yang mengandung kalium antara lain kentang, pisang, jeruk, tomat, bayam, dan masih banyak jenis makanan lain. Ibu menyusui butuh kalium untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Anda jelas butuh cairan lebih banyak saat menyusui bayi, bukan?

8.                  Kolin
Kenapa ibu menyusui butuh zat kolin? Kolin bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil dan menyusui yang mencukupi kebutuhan kolin harian bisa memiliki bayi yang cerdas dan memiliki kemampuan kognitif lebih baik. Konsumsi makanan kaya kolin seperti telur, daging, gandum, hati sapi, dan lain-lain.

Tingkatkan kesehatan ibu menyusui serta bayi dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Pastikan Anda memilih jenis makanan ibu menyusui yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati lebih baik. Selain itu, Anda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membantu pemulihan pasca persalinan.


0 komentar:

Posting Komentar