Kamis, 23 Mei 2019

Imunisasi Yang Harus Diberikan Kepada Buah Hati

Memberikan imunisasi kepada bayi merupakan hal yang penting, imunisasi bisa dilakukan di klinik maupun di rumah sakit, imunisasi merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua. Imunisasi kepada bayi harus disesuaikan dengan jadwal imunisasi anak.



Paska persalinan ibu biasanya juga mendapatkan Kartu Menuju Sehat (KMS) yang berfungsi untuk memantau tumbuh kembang sang buah hati selain itu juga KMS memberikan jenis imunisasi yang wajib didapatkan sang buah hati serta jadwal umur bayi yang harus dilakukan imunisasi.

Memberikan imunisasi kepada bayi merupakan hal yang sangat penting sekali, karena imunisasi sendiri memasukan virus yang telah dilemahkan kedalam tubuh bayi agar tubuh bayi dapat melawan apabila ada virus yang menyerang dan juga untuk merangsang antibody tubuh bayi.

Imunisasi juga mampu menahan berbagai penyakit yang menular dan berbahaya serta mencegah penularannya kepada orang sampai dengan umur bayi menjadi dewasa kelak.

Resiko buah hati yang tidak mendapatkan imunisasi mudah terserang penyakit yang berbahaya dan juga resiko tertular penyakit lebih besar dibandingkan anak yang sudah diberikan imunisasi. Maka dari itu lebih baik bayi diberikan imunisasi yang lengkap agar terhindar dari serangan penularan penyakit yang berbahaya bagi sang bayi.

Imunisasi sangat efektif bagi bayi, seandainyapun sang bayi terkena penularan penyakit hal ini biasanya mempunyai gejala yang lebih ringan dibandingkan bayi yang tidak diimunisasi, selain itu juga imunisasi dilakukan secara cepat dan aman bagi tumbuh kembang bayi.

Para orang tua bisa memberikan imunisasi kepada anak nya di tempat seperti di puskesmas, posyandu, tempat praktek dokter anak, rumah sakit, dan juga bisa membawa nya ke bidan, biasanya untuk di puskesmas vaksin sudah disedikan oleh pemerintah akan tetapi untuk vaksin tambahan hepatitis, PCV, Influenza, rotavirus, maupun varicella ini tidak disediakan pemerintah maka dari itu para orang tua bisa mendapatkannya langsung di tempat praktek dokter anak maupun di rumah sakit terdekat.

Ada beberapa imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi yaitu imunisasi Hepatitis B, Polio, BCG, Campak, Pentavalen (DPT, HB, HiB),  imunisasi yang wajib ini harus diberikan kepada bayi sebelum umur bayi mencapai 1 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar